Wednesday, June 20, 2012

Penemuan Baru Lobster "Jongkok" di Laut Spanyol


Lukisan ilustrasi lobster jongkok (foto: Live Science)
MADRID - Seekor spesies lobster baru telah ditemukan di pegunungan bawah laut lepas pantai di barat laut Spanyol. Tubuh haiwan yang termasuk dalam jenis crustacea ini memiliki warna orennya dan para ilmuwan menyebutnya sebagai lobster "jongkok" (squat lobster).

Diwartakan 
Live Science, Selasa (19/6/2012), lobster jongkok berukuran panjang sekira lebih dari 2 inci (5 centimeter). Menurut para ilmuwan, lobster ini cenderung berkerabat dekat dengan kelomang (hermit crabs) ketimbang lobster

Hewan jenis crustacea ini, diberi nama latin Uroptychus cartesi. Kelompok peneliti INDEMARES menemukannya di kedalaman 1.410 meter pada Agustus 2011 silam. Lobster ini diperkirakan hidup di antara karang di kedalaman laut.

Uroptychus cartesi tergolong dalam haiwan pemalu dan banyak ditemukan di daerah pegunungan bawah laut yang jarang ditemui manusia. Tempat mereka hidup tidak mencapai zon pemancingan.

Lobster jongkok merupakan haiwan rumahan dan tidak menyebar jauh. Hal ini kerana, larva  mereka hanya menghabiskan beberapa hari untuk menyelesaikan tahap plankton.

Crustcea ini berbeza dari spesies lainnya di Eropa, terutama dari  bentuk dan jumlah duri di cengkerangnya. Enam spesimen yang ditangkap di serahkan pada Institute of Marine Science di Barcelona dan National Museum of Natural History di Paris

Iklan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews